Minggu, 08 Oktober 2017

Menganalisis Strategi Promosi Usaha Kerajinan


A.Mengenal Konsumen
Konsumen merupkan faktor utama yang harus diperhatikan dalam melakukan promosi produk.Untuk itu pemahaman tentang konsumen sangat dibutuhkan. Setidaknya terdapat 3 (tiga) hal yang wajib diketahui oleh pemasar atas konsumennya, yaitu :
• Mengetahui apa yang dibutuhkan konsumen
• Mengetahui apa seleranya
• Bagaimana konsumen mengambil keputusan

B.Strategi Promosi
strategi promosi merupakan kegiatan yang direncanakan dengan maksud membujuk, merangsang konsumen agar mau membeli produk perusahaan sehingga tujuan untuk meningkatkan penjualan diharapkan dapat tercapai.
strategi promosi terdiri dari :

1.      Strategi  Promosi Periklanan
2.      Strategi  Promosi Penjualan
3.      Strategi  Promosi Pemasaran Langsung
4.      Strategi  Promosi Hubungan Masyarakat dan Publisitas
5.      Strategi  Promosi Penjualan Pribadi

1.   Strategi  Promosi Periklanan
Pengertian periklanan menurut Lupioyadi (2001 : 108)  adalah  “merupakan salah satu komunikasi impersonal (impersonal communication) yang digunakan oleh perusahaan baik barang atau jasa”.
Sedangkan peranan periklanan dalam pemasaran produk atau jasa adalah untuk membangun kesadaran (awareness) terhadap keberadaan jasa yang ditawarkan, untuk menambah pengetahuan konsumen tentang jasa yang ditawarkan, untuk membujuk calon konsumen untuk membeli atau menggunakan jasa tersebut, dan untuk membedakan diri perusahaan satu dengan perusahaan lain (differentiate the service) yang mendukung positioning jasa.
Adapun fungsi utama iklan adalah :
-          Informative; menginformasikan khalayak mengenai seluk beluk produk.
-          Persuading; mempengaruhi khalayak untuk membeli.
-          Reminding; menyegarkan informasi yang telah diterima khalayak.
-          Entertainment; menciptakan suasana yang menyenangkan sewaktu khalayak menerima dan mencerna informasi.

2.   Strategi  Promosi Penjualan
Lupiyoadi (2001 : 109) menyatakan bahwa  “promosi penjualan adalah semua kegiatan yang dimaksudkan untuk meningkatkan arus barang atau jasa dari produsen sampai pada penjualan akhirnya. Point of sales promotion terdiri dari brosur, information sheets, dan lain-lain”.
Promosi penjualan bertujuan untuk merangsang tanggapan pembeli yang cepat (quick buying response) yang antara lain adalah perlombaan, pemberian hadiah, kombinasi penawaran, kupon, dan potongan harga untuk konsumen.
Secara umum tujuan dari promosi penjualan :
1.      Meningkatkan permintaan dari para pemakai industrial dan/atau konsumen akhir.
2.      Meningkatkan kinerja perusahaan
3.      Mendukung dan mengkoordinasikan kegiatan personal selling dan iklan.

3.   Strategi  Promosi Pemasaran Langsung
Bila penjualan personal berupaya mendekati pembeli, iklan berupaya memberitahu dan mempengaruhi pelanggan, promosi penjualan berupaya mendorong pembelian dan public relations membangun dan memelihara citra perusahaan, maka pemasaran langsung memadatkan semua kegiatan tersebut dalam jumlah penjualan langsung tanpa perantara.
Menurut Moekijat (2000 : 123), “direct selling (penjualan langsung) adalah penjualan di mana pengusaha melampaui para pedagang besar dan menjual produknya langsung kepada pedagang-pedagang eceran, atau dapat diartikan juga secara luas sebagai penjualan langsung oleh produsen kepada konsumen”.

4.  Hubungan Masyarakat  dan Publisitas
Hubungan masyarakat (public relations) merupakan strategi  pemasaran penting lainnya, dimana perusahaan tidak harus berhubungan hanya dengan pelanggan, pemasok, dan penyalur tetapi ia juga berhubungan dengan kumpulan kepentingan publik yang lebih besar.
Menurut Lamb, Hair McDaniel (2001 : 148), “hubungan masyarakat merupakan fungsi pemasaran yang mengevaluasi sikap publik, identifikasi area di dalam organisasi yang masyarakat mungkin tertarik dan menjalankan suatu program tindakan untuk memperoleh pemahaman dan penerimaan masyarakat”.
Kegiatan – kegiatan public relations meliputi hal – hal berikut :
1. Press Relations
Tujuan hubungan dengan pers adalah untuk memberikan informasi yang pantas/layak dimuat di surat kabar agar dapat menarik perhatian publik terhadap seseorang, produk, jasa atau organisasi.
2.  Product Publicity
Aktivitas ini meliputi upaya untuk mempublikasikan produk – produk tertentu.
3.  Corporate Communication
Kegiatan ini mencakup komunikasi internal dan eksternal, serta mempromosikan pemahaman tentang organisasi.
4.  Lobbying
Lobbying merupakan usaha untuk bekerjasama dengan pembuat undang – undang dan pejabat pemerintah sehingga perusahaan mendapatkan informasi – informasi penting yang berharga. Bahkan kadangkala juga dimaksudkan untuk mempengaruhi keputusan yang akan diambil.
5.  Counseling
Aktivitas ini dilakukan dengan jalan memberi saran dan pendapat kepada manajemen mengenai masalah yang berkaitan dengan publik dan mengenai posisi dan citra perusahaan.

5.   Penjualan Personal
Penjualan personal (wiraniaga) mempunyai peranan yang penting dalam pemasaran produk/jasa, karena :
1.      Interaksi secara personal antar penyedia jasa dan konsumen sangat penting.
2.      Jasa tersebut disediakan oleh orang bukan oleh mesin.
3.      Orang merupakan bagian dari produk jasa.
Sifat penjualan personal dapat dikatakan lebih luwes karena tenaga penjual dapat secara langsung menyesuaikan penawaran penjualan dengan kebutuhan dan perilaku masing – masing calon pembeli. Selain itu, tenaga penjual dapat segera mengetahui reaksi calon pembeli terhadap penawaran penjualan, sehingga dapat mengadakan penyesuaian – penyesuaian di tempat pada saat itu juga.
Aktivitas penjualan personal memiliki beberapa fungsi yaitu :
-          Prospecting, yaitu mencari pembeli dan menjalin hubungan dengan mereka.
-          Targeting, yaitu mengalokasikan kelangkaan waktu penjual demi pembeli.
-          Communicating, yaitu memberi informasi mengenai produk kepada pelanggan.
-          Selling, yaitu mendekati, mempresentasikan dan mendemonstrasikan, mengatasi penolakan, serta menjual produk kepada pelanggan.
-          Servicing, yaitu memberikan berbagai jasa dan pelayanan kepada pelanggan.
-          Information gathering, yaitu melakukan riset dan intelijen pasar.
-          Allocating, yaitu menentukan pelanggan yang akan dituju.

C.Rencana Promosi
Rencana promosi adalah sebuah rencana yang berisi strategi rinci untuk memperluas bisnis anda atau memasarkan produk tertentu.

Langkah -langkah yang dapat tempuh dalam merencanakan promosi:

1. Menentukan target pasar
Menentukan segmentasi yang lebih spesifik untuk menghadapi perilaku konsumen yang beragam adalah salah satu langkah yang biasa diambil oleh produsen untuk menghadapi persaingan. Dengan mengetahui target pasar secara jelas dan detil maka anda dapat membuat anggaran promosi yang efektif.

2. Tujuan promosi
Menentukan tujuan dan apa yang ingin dicapai akan membuat aktivitas promosi berjalan efisien. Apakah tujuan promosi tersebut untuk membangun brand awareness, mendongkrak penjualan atau meluncurkan produk baru.

3. Menentukan pesan
Sebagai pengusaha anda harus mampu membangun komunikasi dua arah dengan konsumen anda. Untuk itu anda harus menentukan pesan apa yang ingin disampaikan untuk mendukung kegiatan promosi. Gunakan bahasa yang mudah dipahami oleh target market anda serta membuat pesan yang menarik, rasional, dan informatif.

4. Media
Pilihlah media yang sesuai dengan target pasar anda. Penggunaan media sosial akan sangat membantu dalam hal distribusi informasi yang lebih luas. Namun anda tetap harus fokus pada pasar yang anda tuju, kenali perilaku konsumen, dan tentukan media yang sesuai.

5. Membuat anggaran
Membuat anggaran promosi hendaklah mempertimbangkan goal yang ingin anda capai, bagaimana mencapainya, kemudian baru membuat anggaran. Besaran anggaran yang dibuat juga tergantung pada pemilihan media yang anda gunakan.

6. Pengukuran efektivitas promosi
Banyak pelaku usaha yang seringkali melupakan pengukuran efektivitas promosi yang telah dilakukan. Padahal ini penting untuk mereview efektivitas kegiatan promosi. Pengukuran ini dapat dilakukan dengan riset brand awareness atau mengukur impact digital marketing dalam mendongkrak penjualan.

D.Media Promosi
Media Promosi adalah sarana yang digunakan untuk mengkomunikasikan suatu produk/jasa/image/perusahaan ataupun yang lain untuk dapat lebih dikenal masyarakat lebih luas. Dimana dengan promosi ini diharapkan seseorang bisa mengetahui, mengakui, memiliki, dan mengikatkan diri pada suatu barang/jasa/produk/image/perusahaan yang menjadi sasarannya. Salah satu bagian penting dari promosi adalah menentukan media promosi yang paling tepat. Misalnya Surat Kabar, Televisi, Radio, Majalah, dan lain-lain.
Selain itu juga terdapat beberapa medi promosi yang sering kita liat baik secara langsung maupun tidak langsung, anatara lain :

· POSTER
biasanya dibuat dengan warna-warna kontras dan kuat dan ditempel pada dinding atau bidang datar dan dibuat menarik perhatian.

· Billboard
Pemasangannya bisa menggunakan struktur mandiri yang permanen, maupun menempel pada konstruksi bangunan permanen.

· Baliho
model ini banyak digunakan untuk promosi jangka pendek atau bersifat insidentil misalnya pemilihan umum, pemilihan presiden, pemilihan lurah, atau bisa juga digunakan untuk mempromosikan event tertentu misalnya pertandingan sepak bola tarkam (turnamen antar kampung), dan lain sebagainya.

· Banner
Model ini tak hanya ditempel di dinding, bisa juga dipasang pada dudukan yang ringan sehingga mudah dipindahkan.

· Kaos
Kaos promosi adalah medium standar yang sudah pasti dilakukan oleh perusahaan dalam melakukan promosi. Bentuk yang paling sederhana dari kaos promosi adalah pemuatan logo atau tagline perusahaan di bagian depan atau belakang kaos promo.



1 komentar:

  1. Infonya bermanfaat banget, makasih ya.
    Oh ya, sekedar informasi aja nih. Bagi yang membutuhkan Tempat Sewa Genset Syncronize untuk keperluan event atau lainnya bisa coba menghubungi kami dari Arthur Teknik.

    Terima kasih ya min.
    Salam blogger.

    BalasHapus