A.Mengenal Konsumen
Konsumen merupkan faktor utama yang harus diperhatikan dalam
melakukan promosi produk.Untuk itu pemahaman tentang konsumen sangat
dibutuhkan. Setidaknya terdapat 3 (tiga) hal yang wajib diketahui oleh pemasar
atas konsumennya, yaitu :
• Mengetahui apa yang dibutuhkan konsumen
• Mengetahui apa seleranya
• Bagaimana konsumen mengambil keputusan
B.Strategi Promosi
strategi promosi merupakan kegiatan yang direncanakan dengan
maksud membujuk, merangsang konsumen agar mau membeli produk perusahaan
sehingga tujuan untuk meningkatkan penjualan diharapkan dapat tercapai.
strategi promosi terdiri dari :
1. Strategi Promosi
Periklanan
2. Strategi Promosi
Penjualan
3. Strategi Promosi
Pemasaran Langsung
4. Strategi Promosi
Hubungan Masyarakat dan Publisitas
5. Strategi Promosi
Penjualan Pribadi
1. Strategi Promosi Periklanan
Pengertian periklanan menurut Lupioyadi (2001 :
108) adalah “merupakan salah satu komunikasi
impersonal (impersonal communication) yang digunakan oleh perusahaan
baik barang atau jasa”.
Sedangkan peranan periklanan dalam pemasaran produk atau
jasa adalah untuk membangun kesadaran (awareness) terhadap keberadaan
jasa yang ditawarkan, untuk menambah pengetahuan konsumen tentang jasa yang
ditawarkan, untuk membujuk calon konsumen untuk membeli atau menggunakan jasa
tersebut, dan untuk membedakan diri perusahaan satu dengan perusahaan
lain (differentiate the service) yang mendukung positioning jasa.
Adapun fungsi utama iklan adalah :
- Informative; menginformasikan
khalayak mengenai seluk beluk produk.
- Persuading; mempengaruhi
khalayak untuk membeli.
- Reminding; menyegarkan
informasi yang telah diterima khalayak.
- Entertainment; menciptakan
suasana yang menyenangkan sewaktu khalayak menerima dan mencerna informasi.
2. Strategi Promosi Penjualan
Lupiyoadi (2001 : 109) menyatakan bahwa “promosi
penjualan adalah semua kegiatan yang dimaksudkan untuk meningkatkan arus barang
atau jasa dari produsen sampai pada penjualan akhirnya. Point of sales
promotion terdiri dari brosur, information sheets, dan lain-lain”.
Promosi penjualan bertujuan untuk merangsang tanggapan
pembeli yang cepat (quick buying response) yang antara lain adalah
perlombaan, pemberian hadiah, kombinasi penawaran, kupon, dan potongan harga
untuk konsumen.
Secara umum tujuan dari promosi penjualan :
1. Meningkatkan
permintaan dari para pemakai industrial dan/atau konsumen akhir.
2. Meningkatkan kinerja
perusahaan
3. Mendukung dan
mengkoordinasikan kegiatan personal selling dan iklan.
3. Strategi Promosi Pemasaran
Langsung
Bila penjualan personal berupaya mendekati pembeli, iklan
berupaya memberitahu dan mempengaruhi pelanggan, promosi penjualan berupaya
mendorong pembelian dan public relations membangun dan memelihara
citra perusahaan, maka pemasaran langsung memadatkan semua kegiatan tersebut
dalam jumlah penjualan langsung tanpa perantara.
Menurut Moekijat (2000 : 123), “direct selling (penjualan
langsung) adalah penjualan di mana pengusaha melampaui para pedagang besar dan
menjual produknya langsung kepada pedagang-pedagang eceran, atau dapat
diartikan juga secara luas sebagai penjualan langsung oleh produsen kepada
konsumen”.
4. Hubungan Masyarakat dan Publisitas
Hubungan masyarakat (public relations) merupakan
strategi pemasaran penting lainnya, dimana perusahaan tidak harus
berhubungan hanya dengan pelanggan, pemasok, dan penyalur tetapi ia juga
berhubungan dengan kumpulan kepentingan publik yang lebih besar.
Menurut Lamb, Hair McDaniel (2001 : 148), “hubungan
masyarakat merupakan fungsi pemasaran yang mengevaluasi sikap publik, identifikasi
area di dalam organisasi yang masyarakat mungkin tertarik dan menjalankan suatu
program tindakan untuk memperoleh pemahaman dan penerimaan masyarakat”.
Kegiatan – kegiatan public relations meliputi hal
– hal berikut :
1. Press Relations
Tujuan hubungan dengan pers adalah untuk memberikan
informasi yang pantas/layak dimuat di surat kabar agar dapat menarik perhatian
publik terhadap seseorang, produk, jasa atau organisasi.
2. Product Publicity
Aktivitas ini meliputi upaya untuk mempublikasikan produk –
produk tertentu.
3. Corporate Communication
Kegiatan ini mencakup komunikasi internal dan eksternal,
serta mempromosikan pemahaman tentang organisasi.
4. Lobbying
Lobbying merupakan usaha untuk bekerjasama dengan
pembuat undang – undang dan pejabat pemerintah sehingga perusahaan mendapatkan
informasi – informasi penting yang berharga. Bahkan kadangkala juga dimaksudkan
untuk mempengaruhi keputusan yang akan diambil.
5. Counseling
Aktivitas ini dilakukan dengan jalan memberi saran dan
pendapat kepada manajemen mengenai masalah yang berkaitan dengan publik dan
mengenai posisi dan citra perusahaan.
5. Penjualan Personal
Penjualan personal (wiraniaga) mempunyai peranan yang
penting dalam pemasaran produk/jasa, karena :
1. Interaksi secara
personal antar penyedia jasa dan konsumen sangat penting.
2. Jasa tersebut
disediakan oleh orang bukan oleh mesin.
3. Orang merupakan bagian
dari produk jasa.
Sifat penjualan personal dapat dikatakan lebih luwes karena
tenaga penjual dapat secara langsung menyesuaikan penawaran penjualan dengan
kebutuhan dan perilaku masing – masing calon pembeli. Selain itu, tenaga
penjual dapat segera mengetahui reaksi calon pembeli terhadap penawaran
penjualan, sehingga dapat mengadakan penyesuaian – penyesuaian di tempat pada
saat itu juga.
Aktivitas penjualan personal memiliki beberapa fungsi yaitu
:
- Prospecting, yaitu
mencari pembeli dan menjalin hubungan dengan mereka.
- Targeting, yaitu
mengalokasikan kelangkaan waktu penjual demi pembeli.
- Communicating,
yaitu memberi informasi mengenai produk kepada pelanggan.
- Selling, yaitu
mendekati, mempresentasikan dan mendemonstrasikan, mengatasi penolakan, serta
menjual produk kepada pelanggan.
- Servicing, yaitu
memberikan berbagai jasa dan pelayanan kepada pelanggan.
- Information
gathering, yaitu melakukan riset dan intelijen pasar.
- Allocating, yaitu
menentukan pelanggan yang akan dituju.
C.Rencana Promosi
Rencana promosi adalah sebuah rencana yang berisi strategi
rinci untuk memperluas bisnis anda atau memasarkan produk tertentu.
Langkah -langkah yang dapat tempuh dalam merencanakan
promosi:
1. Menentukan target pasar
Menentukan segmentasi yang lebih spesifik untuk menghadapi perilaku konsumen yang beragam adalah salah satu langkah yang biasa diambil oleh produsen untuk menghadapi persaingan. Dengan mengetahui target pasar secara jelas dan detil maka anda dapat membuat anggaran promosi yang efektif.
Menentukan segmentasi yang lebih spesifik untuk menghadapi perilaku konsumen yang beragam adalah salah satu langkah yang biasa diambil oleh produsen untuk menghadapi persaingan. Dengan mengetahui target pasar secara jelas dan detil maka anda dapat membuat anggaran promosi yang efektif.
2. Tujuan promosi
Menentukan tujuan dan apa yang ingin dicapai akan membuat aktivitas promosi berjalan efisien. Apakah tujuan promosi tersebut untuk membangun brand awareness, mendongkrak penjualan atau meluncurkan produk baru.
Menentukan tujuan dan apa yang ingin dicapai akan membuat aktivitas promosi berjalan efisien. Apakah tujuan promosi tersebut untuk membangun brand awareness, mendongkrak penjualan atau meluncurkan produk baru.
3. Menentukan pesan
Sebagai pengusaha anda harus mampu membangun komunikasi dua arah dengan konsumen anda. Untuk itu anda harus menentukan pesan apa yang ingin disampaikan untuk mendukung kegiatan promosi. Gunakan bahasa yang mudah dipahami oleh target market anda serta membuat pesan yang menarik, rasional, dan informatif.
Sebagai pengusaha anda harus mampu membangun komunikasi dua arah dengan konsumen anda. Untuk itu anda harus menentukan pesan apa yang ingin disampaikan untuk mendukung kegiatan promosi. Gunakan bahasa yang mudah dipahami oleh target market anda serta membuat pesan yang menarik, rasional, dan informatif.
4. Media
Pilihlah media yang sesuai dengan target pasar anda. Penggunaan media sosial akan sangat membantu dalam hal distribusi informasi yang lebih luas. Namun anda tetap harus fokus pada pasar yang anda tuju, kenali perilaku konsumen, dan tentukan media yang sesuai.
Pilihlah media yang sesuai dengan target pasar anda. Penggunaan media sosial akan sangat membantu dalam hal distribusi informasi yang lebih luas. Namun anda tetap harus fokus pada pasar yang anda tuju, kenali perilaku konsumen, dan tentukan media yang sesuai.
5. Membuat anggaran
Membuat anggaran promosi hendaklah mempertimbangkan goal yang ingin anda capai, bagaimana mencapainya, kemudian baru membuat anggaran. Besaran anggaran yang dibuat juga tergantung pada pemilihan media yang anda gunakan.
Membuat anggaran promosi hendaklah mempertimbangkan goal yang ingin anda capai, bagaimana mencapainya, kemudian baru membuat anggaran. Besaran anggaran yang dibuat juga tergantung pada pemilihan media yang anda gunakan.
6. Pengukuran efektivitas promosi
Banyak pelaku usaha yang seringkali melupakan pengukuran efektivitas promosi yang telah dilakukan. Padahal ini penting untuk mereview efektivitas kegiatan promosi. Pengukuran ini dapat dilakukan dengan riset brand awareness atau mengukur impact digital marketing dalam mendongkrak penjualan.
Banyak pelaku usaha yang seringkali melupakan pengukuran efektivitas promosi yang telah dilakukan. Padahal ini penting untuk mereview efektivitas kegiatan promosi. Pengukuran ini dapat dilakukan dengan riset brand awareness atau mengukur impact digital marketing dalam mendongkrak penjualan.
D.Media Promosi
Media Promosi adalah sarana yang digunakan untuk
mengkomunikasikan suatu produk/jasa/image/perusahaan ataupun yang lain untuk
dapat lebih dikenal masyarakat lebih luas. Dimana dengan promosi ini diharapkan
seseorang bisa mengetahui, mengakui, memiliki, dan mengikatkan diri pada suatu
barang/jasa/produk/image/perusahaan yang menjadi sasarannya. Salah satu
bagian penting dari promosi adalah menentukan media promosi yang paling tepat.
Misalnya Surat Kabar, Televisi, Radio, Majalah, dan lain-lain.
Selain itu juga terdapat beberapa medi promosi yang sering
kita liat baik secara langsung maupun tidak langsung, anatara lain :
· POSTER
biasanya dibuat dengan warna-warna kontras dan kuat dan
ditempel pada dinding atau bidang datar dan dibuat menarik perhatian.
· Billboard
Pemasangannya bisa menggunakan struktur mandiri yang
permanen, maupun menempel pada konstruksi bangunan permanen.
· Baliho
model ini banyak digunakan untuk promosi jangka pendek atau
bersifat insidentil misalnya pemilihan umum, pemilihan presiden, pemilihan
lurah, atau bisa juga digunakan untuk mempromosikan event tertentu misalnya
pertandingan sepak bola tarkam (turnamen antar kampung), dan lain sebagainya.
· Banner
Model ini tak hanya ditempel di dinding, bisa juga dipasang
pada dudukan yang ringan sehingga mudah dipindahkan.
· Kaos
Kaos promosi adalah medium standar yang sudah pasti
dilakukan oleh perusahaan dalam melakukan promosi. Bentuk yang paling sederhana
dari kaos promosi adalah pemuatan logo atau tagline perusahaan di
bagian depan atau belakang kaos promo.
Infonya bermanfaat banget, makasih ya.
BalasHapusOh ya, sekedar informasi aja nih. Bagi yang membutuhkan Tempat Sewa Genset Syncronize untuk keperluan event atau lainnya bisa coba menghubungi kami dari Arthur Teknik.
Terima kasih ya min.
Salam blogger.